Balada Perempuan PMS

Pernah dengar tentang PMS? 😀

pict. from google

Katanya, kalau dengar kata PMS, yang langsung terbayang adalah perempuan yang sensitif dan emosional. Yup, PMS atau Pre-Menstrual Syndrome memang hanya dialami oleh perempuan. Bagi perempuan, masa-masa menjelang menstruasi bisa disebut sebagai masa ‘darurat‘. Kenapa darurat? Karena pada masa itulah perempuan akan mengalami berbagai perubahan yang membuatnya tidak nyaman baik secara fisik maupun psikis.

Many women feel physical or mood changes during the days before menstruation, they are known as PMS” (The American College of Obstetricians Gynecologists). PMS merupakan kondisi somatopsikis yang terjadi karena adanya perubahan hormon steroid yang berhubungan dengan siklus ovulasi menstruasi. Pada masa ini biasanya perempuan mengalami berbagai perubahan pada dirinya seperti emosi yang tiba-tiba lebih fluktuatif, mood menjadi tidak karuan, sulit konsentrasi, mudah lelah, nafsu makan melonjak berkali lipat, kram perut, rasa nyeri pada payudara, hingga pegal-pegal di seluruh tubuh. Kondisi ini biasanya akan berlangsung sekitar satu pekan sebelum terjadinya menstruasi dan selama menstruasi berlangsung.

Yuk kita bahas satu per satu gejala umum PMS ^^

  1. Emosi yang lebih fluktuatif
    Perubahan emosi dipicu oleh menurunnya hormon endorfin dalam tubuh. Hormon endorfin merupakan hormon yang mempengaruhi perasaan senang, tenang, nyaman,  bahagia, dan sebagainya.
    Bagi saya, mengatasi hal yang satu ini akan lebih mudah dilakukan jika memang kita mau. Berusaha mengalihkan segala macam emosi negatif yang muncul menjadi emosi positif. Tentunya hal ini tidak mudah, perlu pembiasaan. Tetapi kalau tidak pernah dimulai dan dicoba, tidak akan pernah berhasil bukan?
  2. Mudah lelah
    Pemicu utama yang membuat perempuan mudah lelah saat menstruasi adalah kurangnya asupan nutrisi dalam tubuh yaitu mineral dan vitamin. Apalagi saat menstruasi, kita kehilangan banyak kalsium.
  3. Nafsu makan menjadi berkali lipat
    Kenapa perempuan yang sedang menstruasi jadi lebih doyan makan? Ternyata hal ini disebabkan oleh menurunnya kadar gula darah dalam tubuh. Ini membuat tubuh merasa membutuhkan asupan gula lebih banyak untuk memenuhi kebutuhannya. Selain itu, naiknya hormon serotonin dalam tubuh yang membuat nafsu makan seseorang akan meningkat. Ini bisa diakali dengan menyediakan buah-buahan di kulkas, sehingga setiap kali keinginan untuk makan muncul, kita sudah siap ‘amunisi’ sehingga porsi makan juga tidak jadi berlebihan. Saya terbiasa minum jamu kunyit asam sebelum dan selama menstruasi berlangsung, ini bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh serta melancarkan menstruasi.
  4. Kram atau sakit perut

    pict. from google

    Kram atau sakit perut disebabkan oleh naiknya hormon prostaglandin yang membuat dinding rahim mengalami kontraksi. Otot perut selalu berkontraksi untuk mengeluarkan darah dari dalam rahim. Kontraksi otot ini menyebabkan ketegangan dan nyeri pada saat menstruasi. Terkadang rasa nyeri juga diakibatkan oleh meluruhnya dinding rahim karena tidak terjadi pembuahan.
    Untuk mengatasi nyeri atau kram perut, bisa menggunakan kompres dengan botol yang diisi air hangat.
  5. Nyeri pada payudara
    Nyeri pada payudara yang dirasakan oleh perempuan saat menjelang menstruasi atau sedang menstruasi dipicu oleh adanya ketidakseimbangan hormon dalam tubuhnya. Mengkonsumsi ikan dan kacang-kacangan bisa membantu untuk mengurangi nyeri pada payudara saat menstruasi, karena mengandung omega 3 yang berfungsi untuk menstabilkan hormon prostaglandin yang menyebabkan nyeri.
  6. Jaga kebersihan
    Ada hal yang perlu diperhatikan selama menstruasi, yaitu jaga kebersihan. Saat menstruasi, tubuh sedang mengeluarkan darah kotor yang mengandung kuman dan bakteri. Gantilah pembalut setidaknya 5jam sekali agar tidak mengganggu aktifitas dan tetap nyaman.

Sebenarnya, menstruasi yang rutin kita lalui setiap bulan merupakan proses alamiah untuk membersihkan rahim kita, lho! Jadi rahim kita siap memasuki siklus reproduksi. Seperti yang kita ketahui, dalam rahim perempuan ada sel telur yang jika dibuahi akan menjadi janin. Nah, saat menstruasi sel telur yang tidak dibuahi itu luruh bersama selaput dalam dinding rahim. Inilah yang membuat kita merasa sakit ketika menstruasi, karena perut kita mengalami kontraksi.

Meskipun kondisi ini diakui secara medis, bukan berarti PMS bisa dijadikan alasan yang membuat kamu menjadi perempuan yang menyebalkan, dong! Banyak hal positif yang bisa kita lakukan agar tidak terjebak dalam masa PMS dan selama menstruasi. Apa aja? Let me tell you 🙂

  1. Tetap bergerak
    STOP MAGER! Haha, ini nih yang sulit. Biasanya saat menstruasi perempuan jadi mager alias males gerak. Padahal semakin lama kita berdiam diri ketika menstruasi, rasa nyeri akan semakin terasa. Tubuh kita sedang kehilangan banyak darah saat menstruasi, itu artinya peredaran darah kita harus lancar kan? Nah, olahraga dan tetap aktif beraktifitas adalah salah satu solusinya. Tidak harus olahraga berat kok, berjalan kaki atau jogging selama 30menit sehari juga sudah cukup membuat menstruasi terasa lebih nyaman dan badan lebih sehat.
  2. Atur pola makan
    Jangan mentang-mentang menstruasi jadi doyan makan, terus segala dimakan 😀 Tetap atur pola makan, jangan berlebihan dan tetap seimbang. Kurangi konsumsi kafein dan makanan manis. Perbanyak minum air putih hangat sehingga asupan cairan terpenuhi dan peredaran darah lebih lancar.
  3. Istirahat yang cukup
    Kebutuhan istirahat normal minimal 6 jam per hari. Apalagi saat menstruasi, tubuh sedang kehilangan banyak cairan dan darah. Otomatis badan memerluka. istirahat yang cukup. Jangan begadang ya! Tapi bukan berarti selama menstruasi jadi alasan buat tidur terus :p Ingat! Tidur cukup, bukan banyak tidur.
  4. Tetap berdzikir
    Memang saat menstruasi kita tidak boleh sholat. Tapi bukan berarti jadi lupa sama Allah, kan? Tetaplah berdzikir, insyaaAllah hati akan menjadi tenang. Dengan mengingat Allah, hati menjadi tenang (Ar Ra’d: 28), ingat kan ayat ini? Yuk kita praktekkan saat menstruasi.

Intinya, kalau kita mau, selalu ada cara untuk ngontrol masa-masa PMS kok 🙂 Ngga usah buru-buru panik, it’s a part of your hormonal changes.

Xoxo,
Eka

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s