Tentang Duka

Saat kesulitan melanda, terkadang kita tak sadar bahwa duka itu ada sebagai bukti bahwa Allah masih sayang pada kita. Orang yang berjiwa positif akan berpikir, sifat manusia lemah, serba terbatas, kekurangan, dan butuh orang lain. Duka ada untuk mengingatkan kita bahwa kita adalah manusia.

Saat menghadapi duka, jiwa dan pikiran pun akan semakin matang manakala bisa bertahan saat diberi ujian oleh Allah. Allah menciptakan kegagalan dan musibah tak mungkin tak bertujuan. Dalam setiap musibah ada pelajaran yang dapat kita petik, baik untuk perbaikan di masa mendatang maupun untuk bisa kita hindari kelak.

Selain itu, musibah adalah cara bagi Allah untuk menghilangkan dosa kita. Jika kepedihan hati itu bisa kita balas dengan keteguhan hati, maka berguguranlah dosa-dosa yang lalu insyaAllah. Tak hanya itu, Allah menambah derajat kita lewat ujian yang diberikan pada kita.

Ingat, ending sebenarnya dari kehidupan kita bukan di dunia, tapi di akhirat. Itulah balasan yang sesungguhnya bagi kita bila menghadapi berbagai musibah, bertawakkallah dan jadikan dirimu setegar batu karang, karena ketika kita diberi ujian sebenarnya Allah tengah mempersiapkan berbagai ganjaran penghargaan atas ketabahan kita.

Allahua’lam..

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s