Healthy Lifestyle Notes- May 2016

Just want to share, i decided to change my lifestyle in August 2015. I   did healthy lifestyle. Keputusan untuk merubah pola hidup sebenarnya tidak datang begitu saja.

Saya memiliki vertigo sejak SMP. Dan saat kuliah, vertigo saya begitu sering kambuh tak terduga. Jika sudah kambuh, saya benar-benar merasa tidak bisa melakukan apa-apa. Kondisi saya yang seperti itu, membuat kuliah dan semua aktivitas saya terganggu.

 

Ya, vertigo benar-benar mvertigo-treatusuh utama saya selama kuliah. Saya harus izin dari kelas, meminta ujian susulan, dan izin saat vertigo datang disaat saya harus mengajar privat. Mata saya tidak dapat melihat dengan benar, jalan rasanya seperti sedang melayang, dan tulang punggung saya sakit bukan main. Tapi selama sakitnya tidak lebih dari dua hari, saya memilih tidak mengatakannya pada orang tua saya karena saya tak ingin mereka khawatir.

 

 

Saat itu saya sangat akrab dengan berbagai obat-obatan. Karena ibu saya adalah seorang petugas kesehatan, saya sudah merasa terbiasa mengatasi sakit yang saya rasakan dengan meminum obat. I think that’s simple and can solve my problem.

 

Tapi ternyata terlalu akrab dengan obat juga membuat saya ketergantungan dan sangat-sangat jauh dari kata sehat. Saya tidak peduli dengan pola makan saya, istirahat saya, bahkan saya tidak olahraga sama sekali. Jika sakit, saya berarti butuh obat. Just it.

Hingga akhirnya saya mengikuti sebuah seminar tentang pola hidup sehat ala Rasulullah. MasyaAllah, saya benar-benar jauh dari pola hidup Beliau. Disana saya memahami bahwa ternyata sakit yang kita alami bisa disembuhkan dengan berbagai bahan pangan alami yang ada di sekitar kita.

 

Saya jadi teringat kata-kata bapak di rumah, “Ka, kalau kamu sakit, bangun dari kasur. Minum air putih, bikin wedang jahe. Dan olahraga.

Tapi saya sadar ternyata saya tak menghiraukan pesan bapak (maafkan saya, pak). Saya baru menyadari bahwa bapak sudah mengajarkan untuk hidup sehat dari hal kecil seperti jamu.

 

Suatu hari saat vertigo saya kambuh, saya pergi ke dokter. Dan dokter tersebut memberi saya resep obat dan berpesan agar saya merubah pola hidup saya. Dari situlah saya merasa memang saya butuh pola hidup yang lebih baik, saya butuh sehat.5-Reasons-to-Live-a-Healthy-Lifestyle-1

Setelah itu, saya benar-benar merubah pola hidup. I just eat raw vegetables and fruit. Saat bangun tidur, saya minum lemon dan air hangat serta sarapan buah. Untuk protein, saya lebih memilih tempe tahu dan sesekali daging ayam kukus. Dan untuk karbohidrat, saya meninggalkan nasi, menggantinya dengan ubi, singkong, kentang, dan jagung. Yup, i didn’t eat rice anymore, until today. Saya mengganti gula pasir dengan palm sugar, mengurangi garam, dan menjauhi gorengan. Jika saya merasa badan lelah, saya memilih membuat wedang jahe atau teh sereh untuk menambah stamina saya.

healthy-lifestyle-illustration_1015-251

Dalam sepekan saya mengharuskan diri saya untuk olahraga minimal 3x. Saya memutuskan zumba, yoga, bulutangkis, dan lari sebagai pilihan olahraga yang bisa saya lakukan. Saya juga memilih jalan kaki daripada naik kendaraan (jika jaraknya masih bisa dijangkau dengan berjalan kaki).

 

Alhamdulillah, sekarang sudah 6 bulan saya menjalankan pola hidup sehat ini. And I say goodbye to vertigo. I no longer need coffee and have become a morning person.

 

Saya bersyukur, Allah memberi kesempatan pada saya untuk tidak lagi dzalim pada tubuh sendiri. Saya lebih menyayangi diri saya sendiri lebih dari sebelumnya. Bahkan, saya dapat bonus! Berat badan saya yang awalnya 68kg, kini hanya 58kg dalam waktu 4 bulan (Saya yakin semua perempuan mendambakan hal ini, hehe).

 

Tapi saya tegaskan sekali lagi, this is not a diet, it’s healthy habit and healthy lifestyle!

Semoga cerita singkat saya bisa menginspirasi kalian ya! Yuk kita sayangi tubuh kita dari sekarang 🙂

Leave a Reply

